RSS
 

Archive for the ‘Publikasi Ilmiah’ Category

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Knowledge Management di Perguruan Tinggi

11 Dec

A. Konsep Dasar

Kompetisi untuk memenangkan persaingan antar lembaga, khususnya lembaga profit making, menyebabkan lahirnya konsep knowledge management. Gamble dan Blackweel (2001) bahkan menambahkan bahwa ”….progressively brought into centre stage, driven by the networked economy, throug increased competition, mergers and acquisitions and the all invasive internet presence”.  Saat ini, manakala kapital material tak lagi menjadi primadona utama yang menentukan berhasil atau tidaknya lembaga memenangkan persaingan, tetapi pengetahuanlah yang menentukan kemenangan tersebut. Seperti kata-kata yang terkenal yang diucapkan yaitu: ”the basic economic resource is no longer capital, nor natural resources, not labor. It is and will be knowledge”. Dengan kata lain, institusi yang bisa memenangkah persaingan dalam usaha adalah lembaga yang memiliki pengetahuan yang lebih baik daripada kompetitornya (Ono W. Purbo, 2000).

 

Studi Perencanaan Pembangunan Daerah

24 Nov

(Pembangunan Masyarakat Kabupaten Asmat Melalui Perencanaan Pembangunan Strategis Kesehatan)

Pernah di publish di Jurnal Manajemen Pemerintahan “Transformasi Pemerintahan” Vol I No 2 Okt 2009

Abstract

Human development index use three basic indicators which are: life expectancy, education attainment, and GDP per capita. Those are interwined and bolster ezch otheron community development. The quality of community life expectancy depends on how the health program was proposed. It should be:well planed,well manage target oriented and arrange strategically.

 

Identifikasi Pemberian Tugas Pembantuan Dari Pemerintah Kabupaten Kepada Desa (Tinjauan Dari Aspek Metodologi)

21 Nov

Disampaikan pada  Seminar bagi perangkat Kecamatan Kabupaten Bandung di Hotel  Bumi Makmur  Indah Lembang, 21 DESEMBER 2006

I.   Pendahuluan

Tugas Pembantuan sebagaimana dimaksud pada Pasal 1 huruf (g) Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 yang kemudian  direvisi menjadi UU Nomor 32 Tahun 2004 (tercantum pada pasal 1 butir 9)  adalah : “Penugasan dari pemerintah kepada daerah dan desa dan dari daerah ke desa untuk melaksanakakan tugas tertentu yang disertai pembiayaan, sarana dan prasarana serta sumber daya manusia dengan kewajiban melaporkan pelaksanaannya dan mempertanggungjawabkannya kepada yang menugaskan”. Ini berarti Tugas Pembantuan dapat diselenggarakan melalui pola dari Pemerintah kepada daerah (propinisi/kabupaten) dan desa, serta dari daerah (propinsi/kabupaten) kepada desa. Read the rest of this entry »

 

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengelolaan Organisasi

21 Nov

Disampaikan pada Workshop Peningkatan Kapasitas Pengurus/Anggota Dharma Wanita Persatuan Daerah (Propinsi, Kab./Kota), Mei 2005

I. Pendahuluan

Media dan Teknologi Informasi merupakan hal yang mutlak diperlukan masyarakat modern, terutama di era informasi saat ini, dimana seolah-olah tidak ada lagi batas ruang dan waktu karena segala informasi dapat diakses dimanapun kita berada. Read the rest of this entry »

 

Kepemimpinan Transformasional Trend Kepemimpinan Pendidikan di Era Global

21 Nov

Pernah dipublikasi pada Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi UPI Bandung Vol 5  No. 9  Juli  Tahun 2006

Konsep awal tentang kepemimpinan tranformasional telah diformulasikan oleh Burns (1978) mengemukakan : ‘ decribed tranforming leadership as a process in which leaders and follower raise one another to higher levels of morality and motivation“.  Definisi ini bermakna bahwa kepemimpinan transformasional sebagai ebuah proses yang padanya para pemimpin dan pengikut saling menaikkan diri ke tingkat moralitas dan motivasi yang lebih tinggi.  Artinya para pemimpin tersebut mencoba menimbulkan kesadaran dari para pengikut dengan menyebutkan cita-cita yang lebih tinggi dan nilai-nilai moral seperti kemerdekaan, keadilan, dan kemanusiaan, bukan didasarkan atas emosi, seperti misalnya keserakahan, kecemburuan atau kebencian.  Pada dasarnya kepemimpinan yang mentransformasi (transforming leadership) dapat diperlihatkan oleh iapa saja dalam organisasi pada jenis posisi apa saja termasuk di dalamnya organisasi pendidikan

 

E-learning : Konsep, dan Strategi Pembelajaran di Era Digital (Implementasi pada Pendidikan Tinggi)

20 Nov

Pernah dipublikasi pada Jurnal Ilmiah Visioner Pada Tahun 2007

I. PENDAHULUAN

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya. Saat ini konsep e-learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-learning khususnya di lembaga pendidikan (sekolah, training dan universitas). Read the rest of this entry »

 

Optimalisasi Penggunaan ICT untuk Peningkatan Kualifikasi Guru

20 Nov

Dipublikasi pada eii Forum tahun 2007  (Bidakara Hotel Jakarta)

Abstrak

UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menuntut profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan. Konsekuensinya menuntut perubahan yang terjadi di sistem pendidikan nasional. Salah satu tututan perubahan ini adalah mengenai kualifikasi tenaga guru. UU mengharuskan guru berkualifikasi S1/D4. Persyaratan ini berbenturan dengan kenyatan yang ada. Mengingat dari ± 2,6 juta guru (status pegawai negeri) dan jumlah ini akan lebih besar bila ditambah dengan guru yang berstatus bukan pegawai negeri hanya  43,84% saja yang baru memenuhi kualifikasi yang disyaratkan UU nomor 14 tahun 2005 Read the rest of this entry »